--> Skip to main content

Kelebihan dan Kekurangan dari Coding Bootcamp

source freepik
Sekarang semua pelajaran dapat dipelajari secara online, hal itu juga berlaku pada belajar coding
sekarang kita bisa belajar secara online dirumah masing-masing tanpa harus tatap muka dengan pengajar, namun masih ada juga yang memilih bertatap muka secara langsung dengan pengajar karena terkadang ada hal yang sulit dipahami oleh kita,

Software development itu luas dan sangat kompleks dan menyebabkan beberapa orang sulit memahami tanpa pengajar yang tepat.

Coding Bootcamp adalah sebuah inovasi yang tepat untuk orang-orang yang sulit memahami teks dan perlu bimbingan secara langsung atau perlu bantuan orang lain agar lebih mudah memahami tentang coding, tentunya bootcamp bisa memperingkas pelajaran dikarenakan kita fokus terhadap satu bidang yaitu coding, daripada kita menghabiskan waktu 3-4 tahun untuk belajar dikuliah ( bukan berarti anda tidak perlu kuliah ), coding bootcamp membuat anda lebih fokus terhadap target anda dan membuat anda lebih cepat mencapainya dengan 40 sampai 100 jam belajar coding penuh dengan konsisten selama seminggu penuh, memenuhi otak anda dengan hal hal yang penting dalam intensitas yang luar biasa.

Beberapa bootcamp juga sudah dipercaya beberapa industri untuk perekrutan karyawan dan mungkin bootcamp bisa melebihi universitas suatu saat nanti, namun diantara kelebihan dan kekurangan pasti ada kekurangan dari bootcamp,nah hal tersebut yang akan kita ulas disini


Kelebihan dari Coding Bootcamp 

Coding Bootcamp, mirip dengan universitas, lebih terjangkau. Coding bootcamps memiliki keunggulan terkait biaya,hail ini dikarenakan Coding bootcamp hanya memerlukan biaya 10- 40 juta untuk full stack dan lebih kerennya ada beberapa coding bootcamps yang gratis dan tentunya dengan basis komunitas yang solid didalamnya daripada anda menghabiskan uang lebih banyak untuk kuliah dan membuat keluarga anda lebih sulit untuk membiayai anda (kecuali anda orang kaya). 

Dalam hal ini, Coding bootcamp dengan cara yang sama memberikan peluang luar biasa bagi orang yang berencana untuk pindah ke mata pencaharian yang berbeda atau ingin memperdalam wawasan mereka sendiri untuk masa depan mereka dan keluarga mereka.

Bootcamps menjaga seluruh experience bagi peserta. Orang-orang yang hanya perlu fokus pada pemrograman dan dapat bertanya jika mengalami kesulitan karena hanya materi bootcamps hanya tentang pemograman. 

Tidak ada persyaratan persiapan yang ribet yang penting tetap jaga kebugaran saat mengikuti bootcamp, nggak bakal ada hal-hal yang menggangu kalian saat pemograman seperti saat kalian disekolah yang bising dan membuat anda tidak fokus.

Disekolah biasanya siswa jika sedang fokus dalam satu mata pelajaran sering terkecoh dengan pelajaran lain karena mereka diharuskan pandai pada semua mata pelajaran (terutama di indonesia yang pendidikannya berbasis kompetisi) sedangkan di bootcamp anda hanya akan dilatih pada satu bidang yaitu pemograman .


Kekurangan dari Coding Bootcamp

sepertinya sejumlah besar orang yang masuk ke bootcamps adalah orang-orang yang memiliki sedikit pengalaman pemrograman juga tidak mendapatkan gelar dalam bidang pemrograman, atau orang-orang yang telah kuliah jurusan informatika namun kurang mendapat pembelajaran yang berarti yang membuat mereka susah untuk turun di industi.

Bagaimanapun, dapatkah Anda benar-benar berubah menjadi programmer handal dalam seperempat tahun? Diperlukan Fokus dan Motivasi yang besar dalam bootcamp agar anda bisa menjadi programmer yang handal,semua dimulai dari diri anda sendiri dahulu 

Coding Bootcamp sering berbicara tentang karir anda setelah lulus dari bootcamp akan disalurkan ke beberapa Startup Ternama/ Unicorn, bagaimanapun, sebagian besar orang yang bekerja di Startup Besar adalah lulusan kuliah bukan lulusan bootcamp. 

Bootcamp adalah tempat yang keras untuk melatih kemampuan pemograman anda dan diperlukan dedikasi yang tinggi untuk terus belajar karena pemograman bukanlah hal yang mudah, hal ini dipenuhi oleh logika-logika dan teori teori yang mendukung jalannya program dengan lebih baik.

Akhirnya, jika Anda hanya untuk main-main , bootcamps kemungkinan bukan tempat yang cocok untuk Anda. dalam keseluruhan artikel tentang bootcamp ini, Anda akan melihat bahwa bootcamps diatur untuk orang yang ingin menjadi programmer handal, dengan beberapa bootcamps memberi tahu Anda cara terbaik untuk melakukan pengembangan yang ringkas.


Nah, dari beberapa kekurangan dan kelebihan bootcamp memang disarankan untuk anda yang ingin fokus dalam pemograman dan ingin menjadi programmer yang handal untuk mengikuti Coding Bootcamps, sekian artikel kali ini, sampai jumpa di artikel berikutnya, ciao :)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar